RESPON TERHADAP PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING DI ERA PANDEMI COVID 19 DENGAN TINGKAT STRES PADA MAHASISWA

Authors

  • Clara Cassandra Resubun Stikes Widyagama Husada Malang

DOI:

https://doi.org/10.33475/mhjns.v2i3.67

Keywords:

Pandemi, Respon, Blended Learning, Stres

Abstract

Latar Belakang : Pandemi covid 19 memberikan dampak yang begitu besar ke segala aspek termasuk dalam dunia pendidikan. Pendidikan pada masa pandemi menggunakan pembelajaran blended learning karena adanya perubahan sistem pembelajaran, menyebabkan terjadi stres pada mahasiswa yang mempengaruhi respon mahasiswa serta tingkat stres yang dialami selama pandemi covid 19. Tujuan: untuk mengetahui hubungan respon mahasiswa terhadap pembelajaran blended learning diera pandemi covid 19 dengan tingkat stres pada mahasiswa semester 4 Stikes Widyagama Husada Malang. Metode: Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif korelasi dengan pendekatan cross sectional dengan jumlah sampel 50 responden yang telah diseleksi melalui teknik sampling total sampling dan analisis data menggunakan uji Kendall’s tau-b. Hasil: hasil penelitian ini menunjukan bahwa sebagian besar responden sebanyak (40.0%) menunjukan kurangnya respon terhadap pembelajaran blended learning dan sebagian kecil sebanyak (10.0%) menunjukan respon yang baik terhadap pembelajaran blended learning. Terdapat 33 responden yang menunjukan stres berkategori stres berat sebesar (66.0%) dan 4 responden yang menunjukan stres ringan sebesar (8.0%). Hasil uji Kendall’s tau-b didapatkan pvalue 0.000 (< 0.05) sehingga di terima H1 diterima atau signifikan. Hasil korelasi respon mahasiswa terhadap pembelajaran blended learning diera covid 19 dengan tingkat stres sebesar 0.503 berarti terdapat hubungan yang kuat dan positif antara kedua variabel. Kesimpulan: Ada hubungan respon mahasiswa terhadap pembelajaran blended learning dengan tingkat stres pada mahasiswa keperawatan semester 4 Stikes Widyagama Husada Malang.

Downloads

Published

2021-11-25

Issue

Section

Articles