HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI PERAWAT DENGAN SIKAP PENDOKUMENTASIAN ASUHAN KEPERAWATAN

Authors

  • Andreas Aditya Noviawan Andreas Nursing Student of STIKES Maharani Malang

DOI:

https://doi.org/10.33475/mhjns.v3i1.81

Keywords:

motivasi perawat, sikap, pendokumentasian asuhan keperawatan

Abstract

Tujuan Studi: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara motivasi perawat dengan sikap pendokumentasian asuhan keperawatan.

Metodologi: Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif dengan pendekatan Cross Sectional. Dalam penelitian ini populasinya adalah seluruh perawat IRNA 1 yang berjumlah 171 responden dengan teknik sampel Probability Sampling. Sampel diambil secara Simple Random Sampling yang memenuhi kriteri inklusi eksklusi didapatkan 120 responden. Pengumpulan data dilakukan selama 8 hari menggunakan kuesioner.

Hasil: Dari hasil penelitian didapatkan sebagian besar responden menunjukan motivasi sedang sebanyak 105 responden (87.50%), sedangkan sikap pendokumentasian asuhan keperawatan sebagian besar  responden menunjukan sikap yang negative sebanyak 63 responden (52.5%). Hasil uji korelasi Rank Spearman menunjukkan hubungan yang signifikan dengan nilai p< 0.05 (p= 0.000< 0.05) antara motivasi perawat dengan sikap pendokumentasian asuhan keperawatan di IRNA 1 RSUD DR Saiful Anwar Malang, dengan tingkat korelasi lemah r=  0.391 serta korelasi bernilai positif maka hubungan bersifat searah, artinya semakin tinggi motivasi perawat maka semakin positif sikap pendokumentasian asuhan keperawatan.

Manfaat: Penelitian ini dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas motivasi perawat dengan  sikap pendokumentasian asuhan keperawatan di IRNA 1 RSUD. DR Saiful Anwar Malang.

Downloads

Published

2022-03-21

Issue

Section

Articles