PERBEDAAN TINGKAT KECEMASAN ANTARA PRE DAN POST KOMUNIKASI TERAPEUTIK PADA PASIEN DENGAN LASER PHOTOKOAGULASI DI KLINIK MATA RSUD dr SAIFUL ANWAR MALANG

Authors

  • Herry Indriyani Suryatmojo Herry Herry

DOI:

https://doi.org/10.33475/mhjns.v3i1.74

Keywords:

kecemasan, , komunikasi terapeutik, laser photokoagulasi

Abstract

Suryatmojo, Herry Indriyani. 2021. Perbedaan Tingkat Kecemasan Antara Pre dan Post  Komunikasi Terapeutik Pada Pasien Dengan Laser Photokoagulasi di Klinik Mata RSUD dr Saiful Anwar Malang. Sripsi Program Studi S1 Ilmu Keperawatan, Stikes Maharani Malang. (1). Lilla Maria.,S.Kep.,Ns.,M.Kep. (2). Rahmawati Maulidia.,S.Kep.,Ns.,M.Kep.

 

 

Kecemasan adalah keadaan khawatir atau tegang dalam diri individu yang terjadi ketika kebutuhan interpersonal akan keamanan dan/atau kebebasan dari perasaan tegang tidak terpenuhi. Cemas sering kali timbul ketika seseorang mau menghadapi tindakan medis/pembedahan. Komunikasi terapeutik yaitu komunikasi antara perawat dan pasien untuk tujuan terapi. Tujuan penelitian mengetahui perbedaan tingkat kecemasan antara pre dan post komunikasi terapeutik pada pasien dengan laser photokoagulasi. Penelitian ini merupakan penelitian studi korelasi dengan rancangan quasi eksperiment one group pre post test design, dengan jumlah populasi adalah 36 responden yang dilakukan laser photokoagulasi di Klinik Mata RSUD dr Saiful Anwar yang memenuhi kriteria inklusi setelah diberikan kuesioner dihitung lagi dengan menggunakan rumus Slovin. Hasil uji Wilcoxon menunjukkan ada perbedaan skala kecemasan (HARS) antara sebelum dan sesudah komunikasi terapeutik (p<0.05). Dari hasil penelitian ini peneliti menyimpulkan pentingnya komunikasi terapeutik adalah membina hubungan kerja sama yang ditandai dengan tukar menukar perilaku, perasaan, pikiran, dan pengalaman dalam membina hubungan intim yang terapeutik yang bertujuan untuk menyelesaikan masalah klien. Disarankan bagi yang berminat meneliti tentang komunikasi terapeutik dan tingkat kecemasan pada pasien diharapkan dapat menyempurnakan dengan penelitian faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kualitas komunikasi terapeutik.

 

Kata Kunci: Kecemasan, Komunikasi Terapeutik, Laser Photokoagulasi

Downloads

Published

2022-03-21

Issue

Section

Articles