PENGARUH PERAN PERAWAT SEBAGAI EDUKATOR TERHADAP KEPATUHAN MINUM OBAT PADA PASIEN

Authors

  • erni djibu stikes widyagama

DOI:

https://doi.org/10.33475/mhjns.v2i2.50

Keywords:

Hipertensi; Peran perawat sebagai edukator; kepatuhan minum obat .

Abstract

Hipertensi merupakan salah satu penyakit tidak menular yang dapat menyebabkan kematian. Penyakit ini sebagai the silent disease karena penderita tidak mengetahui dirinya mengidap hipertensi. Salah satu syarat mutlak untuk dapat mencapai efektivitas terapi dan meningkatkan kualitas hidup pasien adalah kepatuhan, sedangkan ketidakpatuhan pasien dalam mengonsumsi obat merupakan salah satu faktor utama penyebab kegagalan terapi. Peran perawat sebagai edukator  membantu pasien meningkatkan pengetahuan tentang perawatan dan tindakan medis sehingga pasien mendapatkan informasi untuk meningkatakan kepatuhan obat terhadap hipertensi. Tujuan dalam penelitian ini adalah menganalisa pengaruh peran perawat sebagai edukator terhadap kepatuhan minum obat pada pasien hipertensi. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan cross-sectional yang dilakukan pada 60 responden penderita hipertensi di Puskesmas Dinoyo Kota Malang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara memberikan instrument berupa kuesioner peran perawat dan kepatuhan minum obat yang kemudian di uji menggunakan uji Mann-Whitney. Hasil penelitian ini antara peran perawat dengan kepatuhan minum obat pada pasien dengan hipertensi adalah (p=0,000) dimana hasil di bawah 0,005. Dari 60 responden 34 orang yang memilih peran perawat baik dengan tingkat kepatuhan sedang (71,7%) dan kapatuhan tinggi (11,7%). Sedangkan peran perawat buruk sebanyak 26 orang dengan kepatuhan rendah (16,7%). Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara peran perawat sebagai edukator dengan kepatuhan minum obat. maka semakin baik peran perawat sebagai edukator semakin patuh pasien dalam minum obat.

 

Kata Kunci: Hipertensi; Peran perawat sebagai edukator; kepatuhan minum obat .





Downloads

Published

2021-07-25

Issue

Section

Articles