HUBUNGAN PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN ONLINE DENGAN TINGKAT STRES PADA ORANG TUA SELAMA PANDEMI COVID-19.
DOI:
https://doi.org/10.33475/mhjns.v2i2.44Keywords:
Pendampingan; Tingkat Stres; Covid-19Abstract
Latar belakang: Covid-19 merupakan jenis virus baru dan penyakit menular di Indonesia. Pandemi Covid-19 memberikan dampak buruk pada masyarakat sehingga semua kegiatan dilakukan dari rumah dan semua akses pendidikan ditutup. Solusi untuk tetap melaksanakan kegiatan pembelajaran adalah dengan menggunakan metode online atau pembelajaran daring dari rumah masing-masing. Pendampingan dan pengajaran yang harus dilakukan pada kenyataannya membuat sejumlah orang tua kewalahan, terutama bagi mereka yang bekerja ataupun WFH (Work from Home) sehingga dapat meningkatkan stress pada orang tua. Tujuan dalam penelitian adalah untuk mengetahui hubungan pendampingan pembelajaran online dengan tingkat stres orang tua selama pandemi Covid-19 di Pakis Malang. Metode penelitian menggunakan jenis kuantitatif yang sifatnya deskriptif korelasional dengan pendekatan cross sectional, alat ukur dalam penelitian menggunakan kuesioner pendampingan pembelajaran online dan kuesioner PSS (Perceived Stres Scale)-14. Penelitian ini dilakukan di pakis Malang dengan sampel sebanyak 50 responden. Hasil penelitian dari 50 responden sebanyak 19 responden (38%) menunjukkan kurang dalam melakukan pendampingan pembelajaran online, sebanyak 21 responden (42%) menunjukkan cukup dalam melakukan pendampingan pembelajaran online, sebanyak 10 responden (20%) menunjukkan baik dalam melakukan pendampingan pembelajaran online. Sedangkan untuk tingkat stres orang tua di dapatkan sebanyak 6 responden (12%) mengalami stres ringan, sebanyak 14 responden (28%) mengalami stres sedang, sebanyak 30 responden (60%) mengalami stres berat.
Berdasarkan hasil dalam penelitian ini didapatkan p-value 0,000 (di bawah 0,05) sehingga dapat dibuktikan bahwa H1 dalam penelitian ini diterima atau signifikan antara pendampingan pembelajaran online dengan tingkat stres orang tua selama pandemi Covid-19. Besar nilai kolerasi antara pendampingan pembelajaran online dengan tingkat stres orang tua di masa pandemi Covid-19 di Pakis Malang sebesar -0,548 yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kedua variabel yang berkolerasi kuat. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah ada hubungan antara pendampingan pembelajaran online dengan tingkat stres orang tua selama pandemi Covid-19 di Pakis Malang.