HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP ADAPTASI STRESS ISTRI TNI-AD SAAT SUAMINYA BERTUGAS DI DAERAH RAWAN KONFLIK

Authors

  • Miftakhul Ulfa Stikes Widyagama Husada

DOI:

https://doi.org/10.33475/mhjns.v2i2.41

Keywords:

Dukungan Sosial, Adaptasi Stress, istri TNI-AD.

Abstract

Yasin, Erna. 2020. Hubungan Dukungan Sosial Terhadap Adaptasi Stress Istri TNI AD Saat Suaminya Bertugas Di Daerah Rawan Konflik. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ners Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Widyagama Husada Malang. Pembimbing: 1). Miftakhul Ulfa., S.Kep., Ners., M.Kep. 2). Ahmad Guntur Alfianto., S.Kep., Ners., M. Kep.

Latar Belakang : Stres merupakan keadaan yang menekan diri individu disebabkan adanya ketidakseimbangan antara kemampuan yang dimiliki dengan tuntutan yang ada. Dalam berinteraksi individu harus pandai menyesuaikan diri, tetapi tidak semua individu mampu mengatasi perubahan-perubahan yang dialami, seperti ketegangan atau stres. Untuk mengatasi ketegangan dan stres tersebut perlu adanya dukungan sosial maupun keluarga agar individu merasakan kenyamanan, ketenangan, dan jauh dari ketegangan maupun stres.

Tujuan : Untuk mengetahui hubungan dukungan sosial terhadap adaptasi stres istri TNI-AD saat suaminya bertugas di daerah rawan konflik. 

Metode: Penelitian ini menggunakan pendekatan cross sectional yang dilakukan pada 50 istri TNI AD, dimana teknik pengambilan sampelnya menggunakan non probability sampling. Uji analisis dalam penelitian ini menggunakan uji Spearman Rank.

Hasil : Hasil penelitian diperoleh nilai p value = 0.000 yang menunjukan adanya korelasi antara dukungan sosial terhadap adaptasi stress istri TNI-AD yaitu memiliki hubungan yang bermakna karena p<0,05. Nilai koefisien korelasi Spearman Rank sebesar 0,881 menunjukan korelasi positif dengan kekuatan hubungan yang sangat kuat.

Kesimpulan : Terdapat hubungan dukungan sosial terhadap adaptasi stres istri TNI-AD saat suaminya bertugas di daerah rawan konflik.

Saran : Disarankan kepada istri-istri TNI-AD untuk saling mendukung satu sama lain untuk mengatasi stres yang dialami ketika ditinggal bertugas oleh suami.

Downloads

Published

2021-07-25

Issue

Section

Articles