HUBUNGAN POLA ASUH OTORITER ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA ANAK

Authors

  • Dhiya' Ulhaq Habibi STIKES Widyagama Husada Malang
  • Ika Arum Dewi Satiti STIKES Widyagama Husada Malang Malang
  • Rahmaniah Ramadhani STIKES Widyagama Husada Malang Malang

DOI:

https://doi.org/10.33475/mhjns.v4i3.156

Keywords:

Pola Asuh Otoriter, Prestasi Belajar

Abstract

Latar Belakang: Pola asuh otoriter pada orang tua biasanya cenderung mengekang dan menuntut anak agar selalu patuh dan taat terhadap apa yang telah dibuat oleh orang tuanya, dalam hal ini penerapan pola asuh pada orang tua akan mempengaruhi prestasi belajar anak ke depannya.

Tujuan: Mengetahui hubungan pola asuh otoriter orang tua terhadap prestasi belajar anak di SDN Mojolangu 4 Kota Malang.

Metode: Desain penelitian analitik observasional dengan pendekatan cross sectional, menggunakan instrumen yaitu kuesioner, dan dianalisis menggunakan uji Kontingensi Koefisiensi Lambda.

Hasil: Dari 130 responden, orang tua yang memiliki pola asuh otoriter sebanyak 11 orang (8,5%), dan yang tidak menerapkan pola asuh otoriter sebanyak 119 orang (91,5%). Prestasi belajar anak menunjukkan orang tua yang menerapkan pola asuh otoriter paling banyak dalam kategori kurang dan baik sebanyak 4 orang, dan orang tua yang tidak menerapkan pola asuh otoriter dengan prestasi belajar anak paling banyak yaitu dengan kategori baik sebanyak 76 orang. Hasil analisa data menunjukkan (p=0,001).   

Kesimpulan: Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan pola asuh otoriter orang tua dengan prestasi belajar anak di SDN Mojolangu 4 Kota Malang.

 

Kepustakaan : 51 kepustakaan (2013-2023)

Kata Kunci     : Pola Asuh Otoriter, Prestasi Belajar 

Downloads

Published

2023-11-29

Issue

Section

Articles