HUBUNGAN STRES AKADEMIK DENGAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA KEPERAWATAN SEMESTER VI DI MASA PANDEMI COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.33475/mhjns.v3i2.95Keywords:
stres akademik, motivasi belajar, pembelajaran online, covid-19Abstract
Wabah covid-19 yang melanda negara-negara didunia memberikan tantangan tersendiri bagi lembaga pendidikan khususnya perguruan tinggi. salah satunya perguruan tinggi dituntut untuk melaksanakan pembelajaran secara online. Proses pembelajaran online yang dilakukan ini tentu berdampak bagi mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini untuk Menganalisis hubungan stres akademik dengan motivasi belajar mahasiswa keperawatan semester VI Stikes Widyagama Husada Malang di masa pandemi covid-19. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah Korelasi, dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian seluruh mahasiswa keperawatan semester VI, pengambilan sample menggunakan total sampling. Pengumpulan data penelitian diperoleh dengan penyebaran kuisioner secara online terhadap 67 responden mahasiswa keperawatan. Kuesioner yang disebar menggunakan educational stress scale for adolescents (ESSA) yang memiliki 16 pernyataan dan motivated strategies for learning questionnaire (MSLQ) yang memiliki 20 pernyataan dengan skala likert 4 poin. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analsis deksriptif dan analisis korelasi kendall tau. Hasil pengolahan data menunjukkan tingkat stres akademik tinggi dan tingkat motivasi belajar rendah. Pada penelitian ini stres akademik berhubungan dengan motivasi belajar dengan nilai korelasi sebesar 0,134 dengan arah hubungan yang tidak searah. Dapat disimpulkan semakin tinggi stres akademik maka semakin rendah motivasi belajar mahasiswa keperawatan semester VI di masa pandemi covid-19. Mahasiswa diharapakan dapat mengolah stres akademik dengan baik dengan cara membuat jadwal pembelajaran yang teratur di masa pandemi covid-19.