HUBUNGAN POLA KOMUNIKASI ORANG TUA DENGAN KEBERHASILAN PEMBELAJARAN DARING PADA ANAK SELAMA PANDEMI COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.33475/mhjns.v3i1.64Keywords:
pola komunikasi, anak, keberhasilan pembelajaran daringAbstract
Keberhasilan pembelajaran daring pada anak dipengaruhi oleh peran orang tua dalam memberikan pola komunikasi yang baik kepada anak dan bagaimana orang tua melakukan interaksi dengan anak secara ruutin kepada anak. Pola komunikasi adalah proses yang telah dirancang sebelumnya untuk keberlangsungan, guda mempermudah pemikiran secara logis dan sitematik. Pola komunikasi dapat diartikan sebagai hubungan antara dua atau lebih dalam mengirim dan menerima sebuah pesan dengan cara yang tepat sehingga pesan yang disampaikan dapat dipahami. Tujuan dalam penelitian ini untu menganalisis pola komunikasi orang tua dengan keberhasilan pembelajaran daring anak selama pandemi Covid-19 di SDN Mojolangu 4 Kota Malang. Metode penelitian ini menggunkan metode kuantitatif dengan pendekatan cross sectional yang dilakukan kepada 55 responden yang memiliki anak yang sedang melakukan pembelajaran daring di SDN Mojolangu 4 Kota Malang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara memberikan instrumen kuesioner dan nilai rapot anak yang kemudian di uji menggunakan SPSS dengan jenis uji rank spearma. Hasil dari penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan signifikan antara pola komunikasi dengan keberhasilan pembelajaran daring pada anak (p=0,000). Dari 55 responden yang memiliki pola komunikasi sedang 14 orang (25,5), baik 38 orang (69,1%) dan sangat baik 3 orang (5,5%) dapat disumpulkan bahwa pola komunikasi yang baik maka keberhasilan pembelajaran daring anak juga semakin tinggi.