HUBUNGAN POLA BERMAIN DENGAN KEMANDIRIAN ANAK USIA PRASEKOLAH

Authors

  • ALRXANDER ANJASTRIA PUTRA MANDALA WAILABA Stikes widyagama husada malang
  • IKA ARUM DEWI stikes widyagama husada malang
  • ROSLY ZUNAEDI stikes widyagama husada malang

DOI:

https://doi.org/10.33475/mhjns.v3i3.108

Keywords:

pola bermain, kemandirian, anak usia prasekolah

Abstract

Latar Belakang: Kemandirian merupakan hal atau keadaan yang dapat berdiri sendiri dan merupakan karakteristik yang memungkinkan anak untuk tidak bergantung pada orang lain. Ketidak-kemandirian anak akan menyebabkan anak sulit berdaptasi dengan lingkungan yang menunjukkan bahwa anak belum bisa menyelesaikan masalah sederhananya sendiri. Bermain merupakan salah satu faktor eksternal yang mendukung  tercapainya kemandirian anak. Tujuan Penelitian: Mengetahui hubungan pola bermain dengan kemandirian anak usia prasekolah. Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan studi literature, search engina/database yang digunakan yaitu google scholar dan science direct dalam periode 10 tahun terakhir dalam bahasa Indonesia dan bahasa inggris dengan kata kunci dalam pencarian yang sesuai dengan kriteria inklusi dan eklusi. Hasil penelitian: Hasil kajian literatur terkait hubungan pola bermain dengan kemandirian anak usia prasekolah menunjukkan bahwa dari 10 artikel, 100% menyimpulkan bahwa pola bermain tidak memiliki pengaruh terhadap kemandirian anak usia prasekolah. Kesimpulan: Tidak ada hubungan pola bermain dengan kemandirian anak usia prasekolah. Kepustakaan: 35 Kepustakaan (2015-2021).

Downloads

Published

2022-11-30

Issue

Section

Articles